Reading: At Home with Madame Chic


Hai, hai, apa kabar? Kali ini aku mau share salah satu buku soal rumah/home making; judulnya At Home with Madame Chic, yang ditulis oleh Jennifer L. Scott. Sebelumnya ada  buku tulisan JL Scott yang judulnya A Lesson with Madame Chic yang kubaca. Lesson with Madame Chic is a light, warm hearted book if you're into French Woman Don't Get Fat thingy- yes, all those Gallic-loving stuff (which I admit shamelessly!).

Oke.. karena dasar gw  Francofilia langsung deh kesenengan dan beli. Seperti biasa JL Scott megambil pengalamannya home making nya di Perancis vs di Amerika. Meski kadang gw suka berfikir "Waktunya nya yang sebentar di Perancis kok bisa impactful banget ya sama dia sampai dia bikin buku.." -gw menganggap she could write her experience well and could affect people in positive way. Dan terus terang, buku mengenai modern-home making jarang ditemukan.

Bab favoritku di buku ini adalah "Fall in Love with Your Home Again". Berikut adalah beberapa catatanku...

(1) GRATEFUL
Mungkin saat ini kita tinggal di suatu tempat yang dulu nya kita senangi dan diupayakan dengan susah payah. Tapi sekarang, tempat tinggal kita jadi berantakan dan super crowded. Ingat bahwa kita seharusnya bersyukur dengan yang dimiliki saat ini, dan untuk be grateful itu selain menyayangi tempat tinggal kita,  juga diperlukan kerja dan disiplin.

(2) GET MOTIVATED.
Kalau ada tamu yang rencana menginap di rumah apakah kita merasa cemas karena rumah berantakan. Saya sih iya ha ha ha. Mungkin ini bisa jadi motivasi kita untuk merawat rumah. Bukan karena kita kuatir kita di cap "berantakan atau slordeh" ya oleh tamu kita! Tapi dengan harapan supaya semoga tamu yang berkunjung merasa nyaman di rumah kita. So don't do it with quarreling at heart.

(3)  System
Coba lihat jadwal mingguan dan coba masukkan jadwal merawat rumah di dalamnya. Jangan merencanakan berbagai hal sekaligus sehingga kegiatan ini terasa menyiksa.

SAMPLE cleaning schedule 
Senin: Laundry, bersihkan debu, vacuum cleaning, mengepel,
Selasa: Laundry, setrika, bersihkan kamar mandi
Rabu: Bersihkan debu, vaccuum cleaning, cuci jendela, ganti seprai
Kamis: Bersihkan dapur secara detail 
Jumat: ganti seprai kamar, vaccum cleaning, cuci jendela

Selain membahas home making, JL Scott juga mengulas soal rutinitas pagi, sore dan malam hari - which she terms as pleasures of the morning, afternoon and evening. Tidak hanya soal menata rumah, tapi juga personal grooming dan 10-item-wardrobe. It's a happy and another heart warming reading for me!

Until later !

Post a Comment