Nivea Sun Moisture Spray SPF 30/PA+++ Review


Hola.. Apa kabar? Meski ujan begini, saya bakal tetup ngebahas sunscreen. Kali ini yang saya review adalah merek Nivea Sun Moisture Spray SPF30/PA+++

#Harga
Saya beli di Century, harganya lupa (d'ohhh!!). Kalau ngga salah 100rb-an. Sunscreen ini saya liat juga ada di Guardian, Watsons, Giant supermarket dll.

#Kemasan
Botol spray, ukuran 150 ml. Enaknya sih pakai spray ini gampang ngoles di bagian2 seperti sela-sela jari kaki, punggung, dll.

#Ingredients
Sunscreen:
Octyl methoxy cinnamate. Nama lain: Octinoxate. Filter UVB. EWG rating: 6 (high toxicity). Approval: Eropa, US
Bemotrizinal. Nama lain: Tinosorb S. Filter UVA & UVB, bersifat fotostabil. EWG rating: belum ada. Approval: Eropa, Australia.
Avobenzone. Filter UVA1.  EWG rating: 2 (low toxicity). Approval: US, Eropa, Australia.
Moisturiser: glycerin, alcohol denat, trigylceride
Antioxidant: tocopherol acetate (vit. E)
Waterproofing agent: VP/hexadecane copolymer

Basically, ini adalah pure chemical sunscreen.

Catatan: komposisi bahan yang beredar di Indonesia (manufactured di Thailand) berbeda dengan yang di Australia. Kalau saya perhatikan, di situs Nivea Australia ada bahan methylbenzylidine camphor (bahan ini di approve di Eropa, tapi tidak diapprove di Jepang) yang skor toksisitas nya tinggi. EWG score bahan tsb adalah 7, dengan bukti kuat adanya disrupsi hormonal pada manusia. I do not fancy this! Untungnya bahan ini nggak ada di sunscreen ini. Silakan baca mengenai skor EWG di sini

#Texture
Tekstur nya cair, sedikit kental, namun nggak terlalu lengket. Nggak ada bekas cling putih, dan kalau di wajah pun tidak terlalu greasy. Tapi kalau kulitnya extremely oily, baiknya kamu tes dulu di wajah. Menurut saya, sunscreen ini cepat meresap, dan ada bau khas Nivea.

#Waterproof
Sunscreen ini bersifat waterproof, meski nggak ada keterangan berapa menit tahannya

#Confusing Label
Immediate protection? Bahan mana yah yang bikin sunscreen ini bisa langsung dipake?
5 in 1? Apa yah maksudnya? Bahan aktif?  Mohon pencerahan kalau ada teman2 yang ngerti hehehe

All by all:
coverage = broad spectrum: UVB SPF 30, UVA PA+++
Sunscreen yang kayaknya tersedia banyak di farmasi/toko obat
Kemasan spray nya bikin praktis kalau kita mau olahraga/aktivitas outdoor, dan menjangkau bagian2 yang susah
Nggak greasy dan waterproof. Cucok buat gw yang cepat keringatan kalau ke luar.
Isi sunscreen nya banyak (150mL)
Untuk bumil dan anak-anak sih, gw pikir ada opsi lain yang bersahabat yah..
Okay, sekian review saya kali ini. Until later!

1 comment

  1. I am thankful to this blog giving unique and helpful knowledge about this topic, I read your blog now share great information here. This blog increse my knowledge source .
    สเปรย์เคลือบรองเท้า

    ReplyDelete